Over 10 years we helping companies reach their financial and branding goals. Onum is a values-driven SEO agency dedicated.

CONTACTS
tips & trik

Penyebab Yamaha Mio Tak Kuat Nanjak

yamaha mio maxgraphica

Penyebab yamaha Mio Tak Kuat Nanjak

Penyebab Yamaha mio tak kuat menanjak – Ada kalanya motor kesayangan tiba-tiba terasa tidak mempunyai tenaga, dan hal ini akan semakin terasa ketika motor diajak melewati tanjakan yang perlu putaran mesin lebih tinggi. Dari studi kasus beberapa Yamaha Mio yang mengalami kejadian tersebut, ternyata mempunyai masalah yang hampir sama.

Memang tidak bisa dipungkiri, mengendarai motor matic sangat praktis. Karena kita hanya dituntut untuk menarik gas saja untuk menjalankannya tanpa harus kaki sibuk mengganti gigi transmisi. Selain itu rem yang berada ditangan juga memudahkan kita dalam mengendarai,mungkin secara lahiriah motor matic memang ditunjukan untuk kepraktisan berkendara yang sangat cocok digunakan untuk di daerah jalanan perkotaan yang mempunyai karakter lurus dan halus yang tidak membutuhkan dorongan tenaga yang besar.

Namun pembatasan penggunaan motor matic tentu tidak akan bisa, karena setiap orang mempunyai aktivitas masing masing yang mengharuskan mereka untuk melakukan perjalanan ditempat yang akan dituju. Mungkin jika aktivitas yang dilakukan hanya pada sekitar daerah perkotaan atau daerah dengan karakter jalanan yang rata mungkin hal tersebut tidak menjadi persoalan, akan tetapi jika kita dituntut untuk melakukan aktivitas di tempat dengan karakter jalanan yang menanjak seperti daerah pegunungan tentu hal ini menjadi persoalan tersendiri bagi pengguna motor matic.

Mungkin sudah menjadi rahasia umum jika salah satu kelemahan motor matic yaitu kurang bertenaga di jalanan yang menanjak. Hal ini dikarenakan motor matic pada sistem transmisinya menggunakan v belt, tidak seperti motor manual yang menggunakan rantai dan gear sehingga tarikannya pun lebih bertenaga. Selain pada sistem transmisi, Penyebab Motor Matic Tidak Bertenaga pada saat melewati jalan yang menanjak yaitu ada beberapa komponen kinerjanya kurang optimal sehingga mengurangi tenaga yang dihasilkan.

Mio Sporty Penyebab Mio Tak Kuat NanjakTernyata masalah tersebut muncul akibat bocornya selang vakum yang ada di intake manifold. Selang tersebut mempunyai fungsi sebagai saluran yang membuka dan menutup kran bensin berdasarkan kevakuman yang terjadi di ruang bakar. Karena kevakuman ini sangat penting sebagai buka tutup bahan bakar yang dibutuhkan maka saluran ini tidak boleh bocor, karena kevakuman haruslah kedap udara.

Jika selang vakum tersebut bocor, maka proses buka tutup kran bensin tidak akan maksimal karena ada udara yang masuk dalam selang tersebut. Dan secara otomatis bahan bakar uang dihisap pun juga akan sedikit, dan tidak sesuai dengan kebutuhan mesin.

Dengan demikian maka proses pembakaran yang terjadi dalam ruang bakar tidak akan sempurna, karena bensin yang terbakar tidak sesuai, dan yang terjadi hanya letikan kecil saja, sehingga motor seperti tidak mempunyai tenaga karena akibat dari berkurangnya kompresi dalam mesin.

Penyebab Mio Tak Kuat Nanjak Penyebab Mio Tak Kuat Nanjak

Selain itu, selang vakum pada Yamaha Mio tidak mempunyai fungsi untuk buka tutup kran bensin saja, tetapi juga untuk membuka katup AIS, sehingga fungsi selang vakum pada Mio sedikit lebih kompleks. Kebocoran selang vakum bukan hanya terjadi karena kerusakan selang vakum tersebut tetapi juga karena sambungan selang yang kurang rapat.

Solusi dari masalah ini adalah dengan mengecek kondisi selang vakum, jika dirasa masih bagus tanpa ada kerusakan/pecah pastikan sambungan selang benar dan rapat. Namun jika terjadi kerusakan atau kebocoran pada selang vakum sebaiknya diganti dengan yang baru, agar Mio sobat tetap mempunyai tenaga yang optimal .

Pencarian Untuk Artikel ini :

mesin mio, mesin motor mio, mesin yamaha mio, penyakit motor mio, mesin mio sporty

Author

maxadmin

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *