Over 10 years we helping companies reach their financial and branding goals. Onum is a values-driven SEO agency dedicated.

CONTACTS
modifikasi blog

Tujuan gunakan Knalpot berisik

knalpot maxgraphica sidoarjo

Tujuan gunakan Knalpot berisik

suara knalpot berisik buat kepala gegar otak buat atmosfer hati ingin maki- maki seluruh orang. Umumnya orang- orang yang gunakan knalpot berisik ini sukanya kebut- kebutan jika cocok hening.. supaya kliatan jago sementara itu ga terdapat lawannya… Sementara itu mah jika balapan tetep aja kalah sama motor biasa yang gak pake knalpot racing. Suara knalpotnya sih udah jauh, tetapi motor sama orangnya nyatanya masih di balik. Cemen. Sebab saking mengusik area, kesimpulannya terbuat undang- undang nomor. 22 tahun 2009 pasal 58 yang melarang pemakaian knalpot ini. Tetapi ya namanya orang Indonesia, tetep aja tuh undang- undang gak diperhatiin. Buktinya di jalanan masih kerap tuh knalpot racing buat kita jadi sulit ngobrol sama temen sebab saking berisiknya tuh knalpot. Ah, keselnya ke ubun- ubun. Emang alibi mereka gunakan knalpot kaya gitu apa, ya?

Knalpot merupakan bagian terpenting pada sistem pembuangan mesin kendaraan. Banyak peran dan fungsi knalpot ini. Namun yang paling utama adalah untuk mengurangi polusi suara ( faktor kenyamanan pengendara dan orang yang mendengarnya) dan mengurangi polusi udara (faktor agar emisi ramah lingkungan dengan adanya oksigen sensor pada exhaust manifold agar AFR kondisional ideal dan catalytic converter pada sebagian kendaraan).

Secara umum knalpot dibagi menjadi dua macam, yaitu knalpot standar dan knalpot racing (balap). Knalpot standar lebih mengutamakan kenyamanan pengendara dan mengurangi kadar emisi sedangkan knalpot racing lebih mengutamakan agar dapat meningkatkan performa kendaraan sehingga faktor emisi suara sedikit terabaikan.

Mungkin ketika ditanya penggunanya, alasan menggunakan knalpot tidak standar (berisik) saya tidak mengatakan knalpot racing legal (balap) karna banyak yang memodif hanya sekedar freeflow tapi melupakan bahwa mesin juga butuh turbulensi atau juga gaya balik agar pembakaran kendaraan optimal dan bahan bakar tidak boros berharap mendapatkan tenaga lebih tetapi sistem pemasukan atau pengapian masih standar tidak disentuh. Istilahnya ,”Hanya gahar di suara namun tidak dapur pacunya.”

Bicara soal suara knalpot motor, sebenarnya sudah diatur sesuai dengan kapasitas mesinnya. Aturannya tertuang dalam Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 7 tahun 2009 tentang Ambang Batas Kebisingan Kendaraan Bermotor Tipe Baru.
Dalam aturan itu tertulis bahwa batas ambang kebisingan sepeda motor terdiri atas, untuk tipe 80 cc ke bawah maksimal 85 desibel (db). Lalu, tipe 80-175cc maksimal 90 db dan 175cc ke atas maksimal 90 db.
Jika melebihi ambang batas itu pengendara bisa dianggap melanggar karena knalpot dianggap tak laik jalan sesuai dengan UU no.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 285.
Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah),” begitu bunyi aturannya.

Apa tujuan orang menggunakan knalpot berisik

ada dua tipe jawaban, jawaban positif dan negatif:

  • Jawaban negatif
    • Untuk mencuri perhatian orang lain agar mata tertuju padanya
    • Meningkatkan rasa percaya diri penggunanya (Sensasi mengendarakan motor balap)
    • Menunjukkan sifat arogansi (menggeber-geber pengendara lain ketika pingin minta didahulukan jalan)
  • Jawaban positif
    • Agar meningkatkan performa kendaraan

Ditilang Karena Knalpot Motor Tidak Standar

Apakah benar ada pasal dalam undang-undang lalulintas mengenai knalpot motor? Karena beberapa hari yang lalu saya pernah melihar pengendara motor sport kena razia dan ditilang dengan pasal yang berkaitan dengan knalpot motor aftremarket  R9 racing, tetapi suara tidak bising dan tidak mengganggu pengguna jalan. Coba mari kita lihat Undang-undang berikut :

Ada, yaitu Pasal 285 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (“UU Lalu Lintas”). Pasal tersebut menjelaskan bahwa pengendara motor yang membawa kendaraan bermotor yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan (di antaranya knalpot) akan ditindak.

knalpot maxgraphica sidoarjo

Lengkapnya Pasal 285 UU Lalu Lintas tersebut adalah:

Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Karena tekanan dari masyarakat cukup tinggi berkaitan dengan knalpot motor racing yang sangat mengganggu ketenangan, maka polisi mengaktifkan pasal ini sebagai prioritas dalam setiap razia.

Kata kuncinya adalah “tidak memenuhi persyaratan teknis”.

Siapa yang membuat syarat teknis tersebut? Mereka adalah Kementerian Perhubungan.

Sebelum Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) memasarkan produknya di Indonesia, mereka minta izin dulu ke Kementerian Perhubungan untuk dicek mengenai syarat teknis yang berlaku di Indonesia. Jika lolos syarat teknis dan kelaikan jalan, maka kendaraan tersebut bisa dipasarkan di Indonesia.

Sebenarnya fokus penertiban untuk knalpot yang berisik, namun untuk keseragaman akhirnya polisi akan menindak/menilang semua jenis knalpot yang TIDAK STANDAR. Knalpot yang dijual di toko-toko variasi belum memiliki surat lulus uji persyaratan teknis dari Dinas Perhubungan.

Dasar hukum:

Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

Pada dasarnya, hidup dengan nyaman adalah hak setiap orang. Pertama-tama, langkah Anda yang menegur pengendara sepeda motor yang berknalpot berisik itu sudah tepat. Jika tidak ada perubahan, sebagai warga, Anda dapat menyampaikan keluhan atau keberatan atas kegaduhan yang ditimbulkan oleh suara knalpot sepeda motor tersebut. Langkah ini dapat dipilih dengan bantuan mediasi oleh ketua lingkungan setempat. Jika memang segala upaya dengan cara kekeluargaan telah dilakukan namun tidak berhasil, Anda sebagai pihak yang dirugikan selanjutnya dapat menempuh jalur hukum.

Knalpot bising memang cukup mengganggu. Meski begitu, masih kerap ditemukan pengendara motor dengan knalpot bising berkeliaran di jalan sehingga tak jarang menimbulkan perselisihan antara pengendara dan pihak yang merasa terganggu

Maxgraphica sidoarjo

Author

maxadmin

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *